Sehat dengan Air Putih

Ada berbagai manfaat air minum bagi kesehatan, Anda harus tahu sehingga Anda bisa memenuhi jumlah yang tepat air dalam asupan harian Anda.

1 . Menghindarkan tubuh kurang cairan: Tubuh kita terdiri dari 60 % air. Jadi air penting untuk menjaga fitalitas tubuh. Cairan tubuh yang terdiri dari air akan membantu pencernaan, sirkulasi darah, penyerapan, produksi air liur, serta transportasi nutrisi ke seluruh tubuh. Juga air membantu untuk mempertahankan suhu tubuh yang normal.

Air membantu tubuh agar supaya tetap berfungsi dengan baik. Otak kita terdiri hingga 90 % air, sementara itu jaringan tubuh dan otot-otot kita terdiri sampai 75 % air. Jadi, ketika tubuh kita kekurangan cairan, otak kita berhenti bekerja dan menyebabkan migrain dan sakit kepala akibat dehidrasi. Ketika kita berkeringat, kita kehilangan banyak cairan. Berkeringat adalah proses alami tubuh yang membantu menurunkan suhu tubuh, sehingga tubuh tidak terlalu panas. Jadi, ketika Anda berada di luar dan berkeringat berlebihan, sebaiknya minum banyak air untuk membantu mencegah dehidrasi. Setiap jenis minuman akan membantu, teh, kopi, jus buah, atau air selain yang beralkoh*l, karena bisa menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.


2 . Menjaga Otot agar Sehat : Otot terdiri hingga 75% air, sehingga perlu bagi kita untuk menyediakannya cukup air. Cukup air akan membantu menjaga kontraksi otot yang normal dan mencegah kram otot. Hal Ini akan membantu jika Anda berolahraga, sehingga menjadi lebih kuat dan sehat.

3 . Mencegah keriput: Air akan membuat sel-sel kulit terhidrasi dan bekerja dengan baik,  sehingga minum air akan menjaga agar terhindar dari keriput. Air juga bermanfaat mengeluarkan kotoran dan racun dari sistem tubuh, yang akan menjaga wajah Anda segar dan bersih dan mengurangi jerawat.

4 . Retensi Air : Bila Anda minum sedikit air, maka otak akan mengartikannya sebagai ancaman bagi kelangsungan hidup, sehingga memerintahkan tubuh untuk menyimpan lebih banyak air. Hal ini akan membuat kaki dan tangan menjadi bengkak. Minumlah lebih banyak air sehingga tubuh Anda  kembali normal.

5 .  Sistem Pencernaan yang normal : Air juga membantu proses pencernaan, karena ia membantu menjaga ginjal bekerja secara normal. Jika ada kekurangan air dalam tubuh, maka akan mengakibatkan sembelit. Jadi orang-orang dengan masalah sembelit harus minum banyak air untuk menjaga sistem pencernaan mereka normal kembali.

Baca Juga : Teh yang Bermanfaat

6 . Membantu manajemen Berat Badan : Ketika kehilangan banyak air, maka ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga akan menumpahkan kelebihan beban pada hati. Hati bertugas membantu membakar lemak menjadi energi, akan tapi ketika harus melakukan pekerjaan lebih banyak, maka ia tidak dapat membakar banyak lemak menjadi energi sebagaimana mestinya, sehingga lemak sebagian akan disimpan. Minumlah air dalam jumlah yang baik untuk mencegah penyimpanan lemak, serta untuk menjaga kesehatan. Jadi bisa dikatakan bahwa berat badan yang ideal adalah salah satu keuntungan dari cukup minum air.

Artikel Terkait :

Sumber : Gaya Hidup

No comments:

Post a Comment