Khasiat Kurma


Berbicara soal khasiat dan kandungan zat dalam buah yang satu ini, emang nggak ada habisnya, Bro. Nggak salah dong Nabi Muhammad SAW memilih buah ini sebagai makanan favoritnya, sehingga kita yang hidup sekarang ini nih, sunnah mengkonsumsi buah yang cenderung berwarna coklat kehitaman ini.
Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat bagus, dimana dalam setiap 100 gr kurma diperoleh 0.9 mg zat besi (11% kebeutuhan harian). Zat besi yang cukup dibutuhkan untuk mencegah seseorang jatuh pada kondisi anemia.Mineral lain yang terkandung di dalam kurma adalah potassium atau kalium. Dalam setiap 100gr kurma terkandung 696 mg kurma. Potassium merupakan komponen penting untuk mengatur tekanan darah, kecepatan detak jantung dan menjaga integritas sel di dalam tubuh. Tekanan darah yang terkontrol merupakan salah satu faktor penting untuk mencegah stroke dan serangan jantung.

Terakhir, kurma mengandung sejumlahvitamin dalam jumlah sedang. Vitamin tersebut antara lain adalah kelompok vitamin B kompleks dan vitamin K. Baik itu piridoksin (vitamin B6), niasin (vitamin B3), asam pantotenik serta riboflavin akan membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu, vitamin K merupakan bagian penting dalam proses pembekuan darah dan metabolism tulang.Melihat begitu banyaknya manfaat kesehatan yang terkandung dalam sebutir kurma, tidak heran kita saat ini menemukan banyak beredar minuman herbal sari kurma dalam kemasan. Mengkonsumsi kurma langsung ataupun dalam bentuk sari kurma dapat membantu  kesehatan tubuh secara umum, namun manfaat spesifik kurma sebagai obat untuk penyakit tertentu masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

Penggunaan kurma sebagai satu-satunya obat bagi seseorang yang sedang sakit tidaklah disarankan. Selain itu, bagi penderita diabetes atau yang sedang melakukan diet, sebaiknya berhati-hati mengkonsumsi kurma, mengingat tingginya kadar gula yang terkandung di dalamnya.

Baca selengkapnya

Artikel Terkait :
1. Puasa aman bagi penderita maag
2. Tips Bau Mulut saat Puasa
3. Olahraga saat berpuasa

No comments:

Post a Comment